MKSUpdate
HOME    UPDATE CORNER    TREN POLA HIDUP SEHAT SAAT PANDEMI DENGAN BERSEPEDA
Tren Pola Hidup Sehat saat Pandemi dengan Bersepeda
Tren Pola Hidup Sehat saat Pandemi dengan Bersepeda

Bersepeda menjadi olahraga yang sangat diminati saat ini. Hal ini dilihat dari data yang diberikan oleh The Institute for Transportation and Development Policy, terdapat peningkatan sebanyak 10 kali lipat untuk penggunaan sepeda selama masa PSBB transisi. 

 

Apa sih manfaat dari bersepeda? Ayo simak informasinya dibawah ini:

1. Menurunkan tingkat stres

Pandemi virus Covid-19 mengharuskan kita lebih banyak beraktivitas di rumah untuk mencegah virus, sehingga tidak heran jika kondisi ini membuat kita stres. Bersepeda adalah olahraga yang cocok untuk kamu. Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan endorfin, yaitu hormon yang membantu kamu merasa nyaman dan positif. Hormon ini akan membantu kamu melupakan rasa kalut atau stres karena merasa terkurung atau bosan di rumah. Kamu bisa menyegarkan pikiran dengan menghirup udara segar dan pemandangan di luar rumah.

 

2. Menjaga Berat Badan

Saat bosan di rumah, kamu mungkin melampiaskannya dengan ngemil yang mengakibatkan berat badan menjadi naik. Bersepeda adalah pilihan olahraga yang cocok untuk menjaga berat badanmu. Dengan bersepeda, maka tubuh dan otot menjadi aktif sehingga meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika metabolisme menjadi lancar maka pembakaran kalori juga akan menjadi baik. Selain itu, untuk menjaga berat badan kamu juga perlu mengimbangi aktivitas fisik dengan pola makan yang baik.

3. Memperbaiki Kardiovaskular

Bersepeda termasuk olahraga kardio. Olahraga kardio memiliki manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan kinerja jantung dan sirkulasi darah. Dengan otot jantung yang terlatih saat bersepeda, maka proses peredaran darah dan oksigen akan semakin optimal. Hal ini akan membuat kamu terhindar dari stroke dan serangan jantung.


Share :