MKSUpdate
HOME    UPDATE CORNER    TIPS ATASI STRES SAAT PANDEMI 
Tips Atasi Stres saat Pandemi 
Tips Atasi Stres saat Pandemi 

Pandemi virus Covid-19 yang menimpa masyarakat secara global ternyata tidak hanya menimbulkan banyak kasus kematian tapi juga rasa gelisah, takut, dan cemas. Ketakutan dan kecemasan terhadap suatu penyakit dalam hal ini adalah Covid-19 bisa menyebabkan emosi yang kuat pada orang dewasa dan anak-anak. Hal inilah yang kemudian menimbulkan permasalahan baru yaitu stres. 

Lalu bagaimana cara mengatasi stres terhadap situasi pandemi ini? Berikut ini adalah tips yang bisa kamu coba untuk melindungi diri dan keluarga dari stres. 

1. Jalani gaya hidup sehat secara teratur

Menjalani gaya hidup sehat secara teratur seperti dengan makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tidur yang cukup akan membantu kamu mengatasi stres saat pandemi, mengurangi kecemasan, dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Tidak perlu melakukan olahraga yang rumit, cukup menyempatkan waktu selama 15 menit dengan berjalan atau jogging di sekitar kompleks rumah bisa membantu mengurangi stres. 

 

2. Bernafas secara perlahan dan dalam

Saat tertekan orang cenderung mengambil nafas yang cepat dan dangkal yang semakin memperburuk respons tubuh. Untuk memutus siklus ini, cobalah bernafas secara perlahan dan dalam sebanyak lima hingga enam nafas dalam satu menit. Lakukan cara ini selama seperempat jam atau lebih dalam sehari. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan perasaan cemas dan stres. 

 

3. Berfokus pada jangka pendek ini

Daripada memikirkan kapan pandemi ini akan berakhir, fokus pada jangka pendek ini merupakan cara yang efektif untuk menangani stres. Membuat dan mengikuti rencana untuk hari berikutnya atau minggu ini bisa membantu dan memberikan rasa kontrol yang lebih baik. Contohnya yaitu membuat jadwal kegiatan harian sederhana seperti menelpon teman, berkebun, atau mencoba resep baru. 

 

4. Menjaga komunikasi dengan orang terdekat

Meski tidak bisa keluar rumah, tapi kamu bisa tetap terkoneksi dengan orang terdekat menggunakan teknologi. Hal ini dapat mencegah diri mengalami stres. Misalnya dengan mengikuti ibadah online, sesi olahraga, atau berkabar dengan keluarga dan teman melalui video call.

 

5. Menikmati udara luar

Tahukah kamu dengan menikmati pemandangan alami seperti halaman, taman, dan pohon bisa mengurangi gejala stres. Kamu bisa duduk di dekat jendela yang terkena sinar matahari untuk membantu meningkatkan pandangan dan kualitas tidur yang bisa meredakan perasaan cemas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba bercocok tanam atau berjalan-jalan di taman sekitar rumah.


Share :