MKSUpdate
HOME    UPDATE CORNER    AMAN BERBELANJA DI SUPERMARKET SAAT PANDEMI
Aman Berbelanja di Supermarket saat Pandemi
Aman Berbelanja di Supermarket saat Pandemi

Memang benar setiap orang dianjurkan untuk beraktivitas di rumah selama pandemi virus Covid-19. Meski begitu, kamu tetap perlu pergi ke luar rumah untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari maupun persediaan bahan makanan. Mungkin kamu merasa was-was dan tidak merasa aman untuk pergi keluar. Tapi, sebenarnya kamu bisa tetap aman untuk berbelanja ke supermarket selama mengikuti standar protokol kesehatan dan berada dalam kondisi yang sehat. Yuk intip beberapa tips dibawah ini agar aman berbelanja di supermarket saat pandemi. 

 

1. Bawa catatan belanja

Dengan membawa catatan belanja bisa lebih menghemat waktu sehingga tidak perlu berlama-lama di supermarket dan kemungkinan terpapar virus Covid-19 menjadi lebih rendah. Agar lebih aman, bawalah catatan belanja dari kertas bukan yang tersimpan di notes handphone. Setelah selesai berbelanja kamu bisa langsung membuang kertasnya tanpa harus menyebarkan partikel-partikel virus ke handphone.

 

2. Hindari berbelanja di jam sibuk

Rencanakan waktu belanja di luar jam sibuk dimana situasi supermarket lebih sepi sehingga dapat meminimalisir kontak atau kerumunan dengan banyak orang. Biasanya jam sibuk supermarket pada akhir pekan atau hari kerja pada pukul 16.00 hingga 18.00. Kamu bisa memilih berbelanja di pagi hari saat supermarket baru saja dibuka atau malam hari jelang waktu tutup beroperasi. 

 

3. Batasi jumlah anggota keluarga yang ikut berbelanja

Untuk mempersingkat waktu, batasi jumlah anggota keluarga yang ikut berbelanja. Lebih baik lagi jika kamu pergi berbelanja sendiri sehingga dapat mengurangi jumlah anggota keluarga yang kemungkinan terpapar virus Covid-19. Jangan membawa anak-anak, kecuali mereka sudah cukup besar sehingga dapat membantu kamu dan dapat dipercaya untuk tidak menyentuh wajah selama berada di luar rumah.

 

4. Bawa dan gunakan alat perlindungan diri 

Selalu ingat untuk membawa dan menggunakan alat perlindungan diri (ADP) seperti hand sanitizer, masker, dan face shield saat harus beraktivitas di luar rumah, seperti contohnya berbelanja di supermarket. Meski sudah memperlengkapi diri dengan ADP, jangan menyentuh area wajah, terutama mata, hidung, dan mulut untuk mencegah penularan virus. 

 

5. Bersihkan barang belanjaan 

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa virus Covid-19 mampu bertahan dipermukaan tembaga selama 4 jam, maksimal 24 jam pada permukaan kardus kemasan, serta 2-3 hari pada permukaan plastik dan stainless steel. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menyemprotkan cairan disinfektan pada barang belanjaan non-makanan, termasuk tas belanja yang kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan tisu basah antiseptik pada kemasan makanan agar kebersihannya tetap terjaga.

 

6. Menjaga jarak dengan orang lain

Ingat untuk selalu menerapkan menjaga jarak dengan orang lain sejauh 1-2 meter. Menjaga jarak atau physical distancing merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko infeksi penyakit menular dengan cara tidak berdekatan dengan orang sakit atau membatasi kontak orang yang sehat dengan orang sakit. 

 

7. Menggunakan metode pembayaran nontunai

Pembayaran nontunai dengan menggunakan kartu kredit atau debit lebih aman dibandingkan uang tunai. Hal ini karena setelah membayar kamu bisa langsung menyemprotkan cairan pembersih yang dapat membunuh virus. Tapi, jika kamu terpaksa harus membayar menggunakan uang tunai, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer segera setelah selesai melakukan transaksi. 

 

8. Segera pulang ke rumah

Setelah selesai berbelanja, sebaiknya kamu segera pulang ke rumah. Setelah sampai di rumah, lakukan beberapa hal di bawah ini sebagai protokol kebersihan setelah bepergian di masa pandemi: 

  • Lepas sepatu di pintu, sebelum masuk ke rumah
  • Semprotkan cairan disinfektan pada barang yang dibawa bepergian
  • Membuang tanda terima yang tidak diperlukan
  • Jangan menyentuh barang apa pun dan jangan langsung beristirahat
  • Segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Buka pakaian
  • Mandi hingga bersih

Berbelanja di supermarket merupakan aktivitas yang aman saat kamu tetap berhati-hati dan mengikuti tips diatas. Meski begitu, kamu pun dapat mempertimbangkan berbelanja kebutuhan sehari-hari maupun persediaan bahan makanan melalui situs belanja online. Di masa pandemi seperti saat ini, beberapa supermarket telah melayani pembelian melalui online sehingga dapat memudahkan kamu serta mengurangi risiko terinfeksi virus. 


Share :